Amankah Ibu Hamil Makan Nasi Goreng


Seorang wanita yang sedang hamil seringkali mendapat pantangan terhadap beberapa jenis makanan. Seperti durian, nanas, minuman beralkohol dan lain sebagainya. Sebba, beberapa jenis makanan tertentu dikhawatirkan dapat membahayakan janin yang dikandungnya.

Selain durian, nanas, durian dan minuman beralkohol, nasi goreng juga menjadi pertanyaan bagi bara ibu hamil. Amankah ibu hamil makan nasi goreng? Dan, sudah tahukan Anda apa jawabannya?

Kebutuhan Tambahan Makanan Ibu Saat Hamil

Ibu hamil biasanya akan berpikir bahwa berarti harus makan untuk konsumsi dua jiwa, untuk dirinya dan juga bayinya, sehingga porsi makannya pun ditambah. Padahal sebenarnya, saat hamil trimester pertama dan kedua, calon ibu hanya memerlukan tambahan makanan sebanyak 300 kalori saja, dimana hal ini setara dengan 1 sendok makan selai kacang atau satu lembar roti.

Menjelang trimester akhir, ibu hamil memerlukan tambahan makanan sebanyak 300-500 kalori di luar porsi normal umumnya. Porsi makan yang terlalu banyak saat hamil justru hanya akan menimbulkan risiko di kemudian hari, terutama pada saat melakukan persalinan.

Amankah Ibu Hamil Makan Nasi Goreng?

Saat hamil, beberapa jenis makanan tertentu sebaiknya jangan dikonsumsi terlebih dahulu. Namun terkadang dokter tidak memberikan penjelasan secara jelas, mana makanan yang boleh dikonsumsi selama kehamilan, dan mana makanan yang sebaiknya dihindari terlebih dahulu.

Baca juga: amankah ibu hamil minum susu beruang?

Makanan-makanan yang tidak boleh dikonsumsi seperti makanan-makanan mentah, makanan yang dibakar, alkohol, soft cheese, salad dressing dan juga seafood yang mengandung merkuri.

Beberapa jenis seafood seperti ikan makarel, ikan tuna bigeye, ikan hiu, dan ikan todak adalah contoh jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi, sehingga jika Anda termasuk pecinta nasi goreng, boleh saja mengonsumsinya selama memilih seafood yang tidak berbahaya tadi.

Selain makanan, beberapa jenis minuman yang beralkohol juga sebaiknya dihindari. Minuman berkafein seperti kopi juga tidak baik untuk kesehatan janin Anda. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi obat-obatan terlalu banyak, apalagi obat-obatan yang belum dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Oleh karenanya, saat ada pertanyaan, amankah ibu hamil makan nasi goreng? Aman-aman saja selama nasi goreng yang disajikan tidak mengandung bahan makanan lain yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil.

Demi menjaga kesehatan Anda dan calon buah hati, sebaiknya selama proses kehamilan konsumsilah makanan bergizi yang sudah direkomendasikan dokter untuk Anda. Jangan segan-segan berkonsultasi dengan dokter kehamilan agar Anda paham mana makanan yang bisa dikonsumsi dan mana makanan yang sebaiknya dihindari.

Belum ada Komentar untuk "Amankah Ibu Hamil Makan Nasi Goreng "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel