Amankah Amoxicillin untuk Ibu Hamil


Antibiotik terkadang seakan jadi jenis obat yang menakutkan bagi Ibu hamil. Padahal berbagai perubahan secara alami ketika sedang hamil mempengaruhi tubuh dan semakin rentan pada infeksi bakteri. Oleh sebab itu, untuk melawan infeksi bakteri bisa dilakukan dengan mengonsumsi antibiotik. Salah satu antibiotik sendiri adalah amoxicillin, namun amankah amoxicillin untuk ibu hamil? Berikut ada beberapa penjelasan.

Minum Amoxicillin Harus Berdasarkan Anjuran Dokter

Sebelum Anda mengonsumsi obat antibiotik sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu bersama dokter kandungan atau bidan terdekat. Menurut dr. Marianti pada artikel di laman situs alodokter.com (2017), bahwasanya pertimbangan dokter dalam memberikan antibiotik ke ibu hamil yakni ketika tidak terdapat pilihan pengobatan lainnya.

Selain itu, berkaitan risiko dampak obat antibiotik terhadap janin nantinya juga akan diperkirakan oleh dokter sebagaimana mestinya apabila janin lebih berisiko untuk terkena dampak penyakit daripada pengobatan itu sendiri, nantinya dokter memilih memberikan antibiotik.

Baca juga: Amankah Yakult Untuk Ibu Hamil

Antibiotik tidak diperbolehkan untuk digunakan secara asal atau sembarangan. Antibiotik tidak dapat dimanfaatkan sebagai solusi dalam mengatasi pilek serta flu sebab antibiotik tidak dipakai untuk mengatasi masalah penyakit akibat dari infeksi virus.

Diare, radang paru, dan meningitis bisa disebabkan karena virus atau bakteri. Agar dapat menentukan penyebabnya, dokter bisa melakukan pemeriksaan dan juga meminta tes darah maupun tes urine.

Antibiotik yang Aman Dikonsumsi Semasa Kehamilan

Pemakaian obat antibiotik ketika hamil tidak perlu Anda takut asalkan memang sudah mengikuti resep dan juga disertai rekomendasi dokter. Menurut dr. Marianti pada artikel di laman situs alodokter.com (2017), beberapa jenis obat antibiotik yang mana tergolong aman bagi ibu hamil diantaranya adalah amoxicillin, ampicillin, penisilin, erythromycin, nitrofurantoin dan clindamycin.

Selain mempertimbangkan terkait dengan jenisnya, antibiotik yang digunakan pada ibu hamil juga akan mempertimbangkan dosis serta jangka waktu dari konsumsi obat, bahkan juga melihat usia kehamilan. Jenis obat antibiotik yang mana berisiko pada ibu hamil harus dihindari, seperti antibiotik untuk golongan tetrasiklin.

Kini Anda tidak perlu merasa takut secara berlebihan mengenai amankah amoxicillin untuk ibu hamil? Meski begitu, penggunaan dari obat antibiotik amoxicillin dan jenis obat-obatan lainnya seharusnya hanya dibolehkan melalui konsultasi dokter terlebih.

Belum ada Komentar untuk "Amankah Amoxicillin untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel