Berikut Ciri-ciri Tempat Gadai BPKB Mobil Ilegal Menurut OJK

Ciri-ciri Tempat Gadai BPKB Mobil Ilegal Menurut OJK

Produk pinjaman uang dalam bentuk gadai ini memang tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai pilihan oleh masyarakat. Karena dari segi prosedurnya sendiri terbilang cukup mudah dan uang juga cepat dicairkan. Apalagi sekarang ini cukup marak masyarakat yang tengah membutuhkan produk pinjaman keuangan. Bukan tanpa alasan, melainkan karena memang kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil. Jumlah pengangguran meningkat pesat dari biasanya, ditambah lagi dengan banyaknya usaha yang mengalami kebangkrutan. Tak heran jika sebagian besar masyarakat memilih mengajukan pinjaman ke tempat gadai BPKB mobil.

Memang benar jika seandainya gadai ini sendiri sudah dikenal sejak dulu, dijadikan sebagai salah satu alternatif pinjaman uang yang begitu menguntungkan. Namun Anda sendiri juga patut untuk mengetahui bahwa faktanya selain gadai yang ilegal atau terpercaya, justru lebih banyak diantaranya lembaga gadai yang tidak terpercaya bahkan termasuk dalam gadai ilegal. Hal ini tentunya sangat meresahkan bukan. Karena bisa merugikan nasabahnya sendiri. apalagi jika sudah menjurus pada penipuan.

Untuk itu maka OJK atau Otoritas Jasa Keuangan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selektif di dalam memilih lembaga gadai yang aman terpercaya. Mereka juga memaparkan beberapa ciri terkait dengan tempat gadai ilegal yang patut untuk diwaspadai, yaitu:
  • Tempat gadai tersebut tidak memiliki tempat yang dipakai dalam penyimpanan barang gadai, OJK sendiri mengatakan bahwa semua lembaga gadai hendaknya memiliki tempat yang dapat digunakan menyimpan barang gadai. Dengan tujuan adalah untuk menjamin keamanan dari barang yang disimpan tersebut, tidak akan mudah rusak ataupun hilang. Jika lembaga gadai tidak menyediakan tempat penyimpanan barang gadai maka patut untuk diwaspadai.
  • Penaksiran barang jaminan atau barang yang digadaikan dilakukan seenaknya, padahal seharusnya lembaga gadai memiliki seorang jasa taksir yang sudah tersertifikasi. Sehingga nantinya penaksiran harga barang dan juga plafon pinjaman yang diberikan sendiri juga tidak akan seenaknya, melainkan sesuai dengan harga pasaran yang ada.
  • Menetapkan suku bunga yang tinggi, umumnya gadai ilegal hanya mengutamakan keuntungan dalam bisnis yang mereka jalankan tersebut. sehingga tidak heran jika seandainya senang mengambil keuntungan dalam jumlah tinggi. tanpa memikirkan bahwa hal tersebut nantinya akan memberatkan atau menjerat nasabahnya. Untuk itu pastikan Anda sudah melakukan survey mengenai biaya bunga yang dibebankan kepada Anda.
  • Tidak transparan di dalam pembayaran uang kelebihan dari penjualan barang lelang, terkadang ketika kita tak sanggup untuk menebus barang yang sudah digadaikan tersebut, maka pihaknya akan melakukan lelang pada barang yang di gadai. Namun juga harus cermat karena faktanya banyak lembaga gadai yang tidak transparan mengenai uang hasil lelang tersebut.
  • Barang gadai tidak dijamin keamanannya dengan asuransi, patutnya Anda juga harus waspada, karena tanpa adanya jaminan dari asuransi, jiwa kemungkinan barang yang digadaikan tersebut hilang atau rusak, maka nasabah yang akan rugi. Karena pihak gadai sendiri juga tidak akan mau bertanggung jawab. Apalagi tanpa adanya jaminan asuransi pada produk tersebut.
  • Surat bukti gadai yang diberikan tidak terstandard, bahkan jika dilihat-lihat cenderung menguntungkan pemilik usaha gadai.
Setidaknya 6 ciri gadai tempat gadai BPKB mobil ilegal tersebut wajib dikenali, sehingga nantinya Anda sendiri juga tidak salah dalam memilih. Mengingat ketika Anda menggadaikan barang ke tempat yang tidak terpercaya resikonya juga sangat tinggi.

Belum ada Komentar untuk "Berikut Ciri-ciri Tempat Gadai BPKB Mobil Ilegal Menurut OJK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel